5 Jenis Kain Bahan Seragam Batik Sekolah yang Berkualitas Terbaik
5 Jenis Kain Bahan Seragam Batik Sekolah yang Berkualitas Terbaik

Batik merupakan pakaian tradisional bernilai budaya yang dapat memancarkan kharisma bagi pemakainya. Baju batik memang terkesan elegan dan formal, namun batik sekarang semakin terkenal dan nge-tren dengan modelnya yang casual. Tidak hanya itu saja, saat ini batik juga sudah menjadi pilihan pakaian seragam khas sekolah ( seragam batik sekolah ).

Pemakaian seragam batik sekolah memang punya banyak fungsi. Salah satunya adalah sebagai sarana pengenalan serta promosi, loh. Ketika siswa berada di luar sekolah, dengan seragam batik motif custom berlogo mereka akan lebih mudah untuk dikenal asal sekolahnya.

Rekomendasi 5 Bahan Kain Batik Sekolah Sekolah yang Berkualitas

Supaya seragam batik sekolah bisa nyaman dikenakan, maka ada beberapa rekomendasi bahan kain yang bisa kamu gunakan. Berikut adalah 5 pilihan kain terbaik untuk bahan seragam batik.

1. Kain Prima

Dikenal juga dengan bahan batik yang berkualitas dengan harga ekonomis, kain Prima terbuat dari 100% bahan katun yang menggunakan benang carded 40s. Makanya, tidak mengherankan kalau kain jenis ini agak tebal dengan permukaan kainnya yang sedikit berbulu.

Sebenarnya kain Prima ini hampir mirip dengan kain Mori, tapi kamu bisa membedakan keduanya dari konstruksi kainnya. Komposisi benang yang digunakan pada kain Prima biasanya yaitu 94×70 atau 88×68. Sementara lebar kain prima adalah 106 cm dan 115 cm.

Karakteristik kain prima sangat lembut dan dingin ketika dipakai. Tak diragukan lagi, jenis kain ini bisa kamu pilih untuk membuat kain batik seragam sekolah dengan motif custom desain.

Baca Juga: Membanggakan, Inilah Daerah Penghasil Kain Batik Terkenal di Indonesia

2. Kain Dobby

Bahan Kain Dobby atau dikenal dengan Kain Tenun Timbul termasuk jenis kain kombinasi antara polyester dan katun. Campuran bahan batik alami dan sintesisnya menghasilkan kain dengan pola yang cukup menarik seperti garis, abstrak, dan kotak.

Tahukah kamu? di kalangan pembatik sendiri, jenis kain Dobby terkenal dengan teksturnya yang cukup halus. Walaupun kualitasnya tidak sebanding sama kain sutera, kain Dobby banyak dikenakan oleh orang-orang kelas menengah dan atas.

3. Kain Mori

Kain yang berwarna putih polos ini juga bisa kamu pilih untuk dijadikan bahan seragam batik sekolah. Memiliki ketebalan, kehalusan, dan kerapatan yang baik, kain mori seringkali digunakan sebagai media batik tulis dan cap.

Bahkan sebagian besar kerajinan batik di Indonesia menggunakan kain Mori, termasuk untuk seragam batik sekolah. Mengapa? Karena kain ini mempunyai tekstur yang halus dan dengan kerapatan benang yang tinggi.

Ada 3 jenis bahan kain Mori yang umum dipakai untuk bahan batik. Tiga jenis kain mori bahan batik tersebut yaitu Mori Prima, Mori Biru, dan Mori Primissima.

Bahan Mori Primissima menduduki peringkat yang paling halus dan biasanya banyak digunakan sebagai bahan kain batik tulis.

Baca Juga: Mengenal Jenis Kain Batik Berdasarkan Teknik Pembuatannya

4. Kain Katun Sutera

Kain Sutera merupakan jenis kain yang berasal dari kolaborasi serat alami terbaik yakni serat sutera dengan serat katun.

Perpaduan kedua jenis material itu memang sudah dikenal karena kenyamanan dan kelebihannya yang menghasilkan kesan mewah. Sekaligus juga terasa halus dan kualitas kain yang tahan lama dan kuat.

Oleh karena itu, kain katun sutera ini juga cocok digunakan untuk produksi kain batik seragam sekolah. Kain sutera umumnya punya tekstur yang licin dan mengkilap.

Kelebihan lain dari kain ini adalah kenyamanannya ketika dikenakan karena terasa adem, ringan dan mudah menyerap keringat.

5. Kain Primisima

Rekomendasi jenis kain terakhir yang bisa kamu pilih dalam pembuatan seragam batik sekolah adalah kain katun Primisima. Kain ini dibuat dari kombinasi benang 40s, 50s, dan 60s.

Benangnya sendiri punya tekstur halus dengan volume benang yang lebih kecil karena pintalan benangnya yang kecil. Untuk itu, diperlukan benang yang lebih banyak saat membuat lembaran kain primisima.

Untuk serat bulunya sudah dibakar, jadi tidak akan menimbulkan serat bulu yang umumnya akan muncul pada kain katun yang sering dipakai.

Sebelum membuat seragam batik sekolah, memang ada baiknya kamu paham dengan jenis-jenis kain yang akan digunakan sebagai media batik. Pemilihan bahan kain batik yang tepat tentu akan mempengaruhi kualitas seragam batik sekolah yang dihasilkan.

Nah, kalau kamu masih bingung, jangan ragu konsultasi seputar masalah seragam batik dengan K-ind’s Batik untuk mendapatkan seragam batik sekolah yang memuaskan. Kamu juga bisa loh custom desain motif batiknya sendiri sesuai kebutuhan maupun keinginan.

K-ind Batik’s Solo

WA: 0858-7733-1544
Produsen Kain Batik Seragam Sekolah

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Chat WA
Cari batik custom? Chat sekarang!
Selamat datang di Produsen Seragam Batik Custom, ada yang bisa kami bantu?