Kampung Batik Laweyan, Surakarta - Photo by meningana on Instagram
Kampung Batik Laweyan, Surakarta - Photo by <a href="https://www.instagram.com/p/CbzraqbPxGp/?hl=en" rel="nofollow noopener" target="blank">meningana</a> on Instagram

Negara Indonesia sudah terkenal akan warisan seni budaya dan kekayaan alamnya. Tak mengherankan jika kesenian khas seperti batik masuk ke daftar warisan budaya yang diakui oleh UNESCO. Saat ini ada banyak sekali daerah yang tercatat sebagai penghasil kain batik, namun hanya beberapa yang terkenal sebagai pusatnya sejarah dan sentra industri batik.

Setiap daerah mempunyai ciri khas batiknya sendiri mulai dari corak warna, motif batik dan filosofinya yang berbeda-beda. Berikut ini daftar daerah penghasil kain batik yang terkenal di Indonesia.

Solo (Surakarta)

Kota yang terkenal lewat slogan The Spirit of Java ini mempunyai banyak warisan seni dan budaya yang menawan, salah satunya yaitu kerajinan batik. Kehadiran batik di Surakarta dipengaruhi oleh budaya peninggalan Kerajaan Mataram dan Majapahit.

Kampung Batik Laweyan, Surakarta - Photo by meningana on Instagram
Kampung Batik Laweyan, Surakarta – Photo by meningana on Instagram

Pada zaman dahulu, batik digunakan hanya untuk kalangan bangsawan dan kerajaan saja, sehingga tidak mengherankan apabila penggunaan batik saat itu menjadi simbol status sosial tinggi. Seiring dengan berjalannya waktu, batik mulai berubah fungsi dan sekarang semua kalangan masayarakat sudah biasa mengenakan batik.

Batik tidak hanya digunakan oleh kalangan ningrat saja, namun siapapun dapat membeli batik, karena memang harganya cukuplah merakyat dan sangat beragam. Batik Solo sendiri memiliki beragam motif dan rata-rata bercorak pemandangan alam.

Corak tersebut mempunyai makna yang cukup mendalam, seperti motif batik Sekar Jagat yang bermakna sebagai keindahan hidup di dunia, Tikel Asmorodono bermakna cinta, Sidomulyo bermakna kebahagiaan dan Satrio Wibowo bermakna kemartabatan.

Selain motifnya yang beraneka ragam, kain batik khususnya, juga memiliki berbagai jenis kualitas sesuai dengan teknik pembuatannya. Kualitas teratas ditempati kain batik yang dibuat dengan teknik tradisional atau lebih kita kenal dengan batik tulis. Lalu ada batik cap, batik kombinasi yang teknik pembuatannya campuran antara cap dan tulis, dan batik printing. Jika Anda ingin melihat proses pembuatan batik lebih dekat, bisa coba berkunjung ke daerah-dareah perajin batik seperti Kecamatan Laweyan.

Dalam rangka pelestarian batik, pemkot Solo mengadakan event khusus pameran batik SBC atau Solo Batik Carnaval, yang secara rutin diadakan setiap tahun. SBC merupakan acara tahunan yang diadakan pemerintah kota Solo sebagai ajang melestarikan batik, pada acara tersebut batik menjadi fokus utama.

Jogja (Yogyakarta)

Berbicara tentang Kota Solo, maka tak bisa lepas dari kota yang satu ini, yap Yogyakarta atau Kota Jogja. Kota bekas kesultanan Mataram ini juga masuk sebagai kota bersejarah penghasil batik yang ada di Indonesia. Semakin tahun semakin mengalami peningkatan, terutama sejak kota Yogyakarta dinobatkan sebagai Kota Batik dunia pada tahun 2014. Ciri khas batik Yogyakarta didominasi dengan warna-warna netral seperti hitam, putih, coklat maupun warna kalem lainnya.

Jenis batik Yogyakarta dapat digunakan di berbagai acara besar baik formal maupun non-formal. Ada banyak sekali motif batik hasil karya perajin produsen batik kota pelajar ini. Misalnya saja seperti motif Pamiluto yang biasanya digunakan untuk menghadiri acara pertunangan, motif Sidomukti digunakan untuk prosesi perkawinan adat Jawa atau ijab kabul. Ada juga motif gompol yang bisa digunakan untuk menghadiri acara pernikahan dan motif Wahyu tumurun cantel yang bisa digunakan ketika menghadiri acara temu manten.

Pada saat Anda berkunjung ke kota Yogyakarta maka Anda dapat mendatangi beberapa toko yang ada di sekitar Malioboro. Anda bisa melakukan pembelian batik dengan berbagai corak untuk dijadikan sebagai buah tangan. Tempat yang dapat dikunjungi dan menyediakan banyak pilihan batik yaitu Malioboro, Pasar Beringharjo, Kampung batik Ngasem, toko Mirota Batik atau toko batik Winotosastro.

Yogyakarta juga masih sangat kental dengan kebudayaan Keratonnya yang mana hal tersebut menjadi jantung budaya batik. Dari sekian banyaknya motif batik Yogyakarta, tentunya Anda dapat memilih sesuai dengan acara yang hendak Anda hadiri. Batik Yogyakarta yang mempunyai jumlah produsen terbanyak yaitu motif batik Pamiluto, Sekarjagad dan Udan liris.

Pekalongan

Setelah membahas kota bersejarah penghasil batik tradisional, sekarang kita beralik ke kota industri batik. Pekalongan masuk sebagai daftar sentra industri batik yang paling besar di tanah air. Batik Pekalongan juga disebut sebagai batik pesisir karena berada di kota yang tepat pada pesisir pulau jawa. Untuk mengenali batik Pekalongan ini bisa dilihat dari segi ciri khas motifnya kebanyakan bertemakan alam dan pemilihan warna yang lebih cerah.

Sebagian besar dari motif batik Pekalongan dipengaruhi oleh budaya di tiga negara yaitu Belanda, Cina dan Arab. Pekalongan secara khusus berhasil membangun museum batik dan hal ini menjadi bukti bahwa Pekalongan merupakan kota paling populer sebagai penghasil batik.

Hal uniknya sebelum dijadikan museum, awalnya tempat tersebut merupakan bekas bangunan dari peninggalan Belanda yang didirikan sejak tahun 1906 silam. Sebelum menjadi museum, bangunan ini telah mengalami perubahan fungsi yaitu dari Balaikota menjadi kantor walikota.

Saat berkunjung ke Museum, Anda bisa melihat banyak sekali koleksi batik dari berbagai corak, baik itu dari daerah Jawa maupun daerah lain seperti Sumatera, Kalimantan, hingga Papua. Batik Pekalongan mempunyai perpaduan warna yang cerah apabila dibandingkan dengan corak batik dari daerah lain.

Selain itu keunikan dari batik Pekalongan yaitu mempunyai desain dan tekstur kain yang cukup lembut. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang menginginkan pakaian yang tidak hanya unik namun juga nyaman.

Cirebon

Selain Pekalongan, kota penghasil batik dengan ciri khas batik pesisir lainnya yaitu Kota Cirebon. Ada dua versi motif untuk batik Cirebon, motif batik pesisir atau disebut juga dengan batik Trusmi dan batik tradisional atau Keraton. Jenis batik Keraton biasanya menggunakan warna yang cenderung gelap, seperti hitam dan coklat. Sementara batik pesisir menggunakan warna yang lebih cerah seperti biru dan merah.

Motif batik Cirebon yang paling terkenal yaitu Megamendung, bahkan kepopularitasan motif ini sudah sangat mendunia. Jika kita lihat dari segi motifnya memang menyerupai seperti gumpalan-gumpalan awan yang bertumpuk dan nampak menyatu dengan sentuhan warna biru.

Menurut cerita, motif Megamendung pertama kalinya dibuat oleh Pangeran Cakrabuana, konon katanya motif tersebut mempunyai filosofi sebagai kebebasan hidup. Sebenarnya motif batik Cirebon tidak hanya Megamendung saja, melainkan terdapat motif lain yang menjadikan Cirebon sebagai ikon penghasil kain batik.

Beberapa motif batik yang bisa Anda temukan di Cirebon seperti Paksinaga, Singa payung, Naga silam, motif Patran keris yang seringkali dibeli orang Jepang, dan motif Taman teratai. Budaya Cina memberikan pengaruh terbesar terhadap corak batik Cirebon, karena memang banyaknya populasi etnis Cina yang mendiami daerah tersebut.

Madura

Madura, salah satu daerah di Jawa Timur, terkenal dengan produksi batiknya. Batik Madura sangat dipengaruhi oleh motif-motif batik yang berasal dari Yogyakarta dan Solo. Keterkaitan motif antara batik Madura dan batik Yogyakarta dapat dijelaskan melalui hubungan keluarga antara raja Mataram dan para pembesar di Madura.

Beberapa motif batik Madura yang populer antara lain motif Lancor, Serat Kayu, Serat Batu, Mata, dan masih banyak lagi. Batik Madura terbagi menjadi dua jenis, yaitu batik pesisir dan batik pedalaman. Ciri khas batik Madura adalah penggunaan warna yang mencolok dan tegas seperti merah, biru, kuning, dan hijau. Motif-motif yang dihadirkan terinspirasi dari berbagai elemen, mulai dari ayam bekisar, gerbong keraton, hingga karapan sapi.

Batik Madura menggambarkan kekayaan budaya dan sejarah daerah tersebut melalui ragam motif yang unik dan warna-warna yang mencolok. Keindahan dan keunikan batik Madura menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta batik dan penggemar seni tradisional. Menyelami dunia batik Madura adalah menyelami warisan budaya yang tak ternilai harganya dan menjelajahi keindahan motif-motif yang sarat dengan makna dan filosofi.

Bali

Selain daerah-daerah di pulau Jawa, batik juga terdapat di luar Jawa seperti Bali yang juga terkenal sebagai daerah penghasil kain batik. Batik Bali memiliki ciri khas warna yang cerah, sehingga kain batik Bali mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Motif batik Bali ini memadukan antara corak tradisional dan modern kombinasi kebudayaan pulau Dewata dengan China. Tak mengherankan jika motif batik Bali kebanyakan menggunakan gambar hewan seperti kura-kura, rusa dan naga.

Meski dipandang sebelah mata, ternyata beberapa motif batik Bali sudah mendunia seperti motif ulamsari mas, motif singa barong, motif buketan, maupun motif merak abyorhokokai. Jika dilihat sekilas, kain batik Bali memang hampir sama seperti kain batik Jawa akan tetapi untuk kain batik Bali lebih cenderung menggunakan warna yang lebih cerah.

Tidak hanya terkenal sebagai kota penghasil kain batik saja, namun Bali juga menjadi surga tempat wisata bagi para turis asing maupun lokal. Misalnya seperti pantai Kuta yang disebut-sebut sebagai pantai sejuta umat, Ubud, dan masih banyak lainnya.

Itulah deretan daerah penghasil kain batik yang cukup terkenal di Indonesia. Kesenian batik era modern lebih banyak berasal dari daerah Jawa-Bali, hal ini tak terlepas dari pengaruh kebudayaan yang berkembang selama Majapahit berkuasa. Dengan mengetahui keberadaan berbagai daerah penghasil batik, semoga bisa menambah wawasan Anda ketika hendak membeli kain batik.

Produsen Batik Motif Custom Terpercaya di Kota Solo

Jika Anda sedang mencari kain batik untuk seragam dengan motif custom sesuai keinginan, maka kain batik printing adalah solusi yang tepat untuk Anda. Dapatkan harga terbaik untuk kain seragam batik custom Anda langsung dari pabrik batik terpercaya yang memiliki pengalaman bertahun-tahun.

Kami hadir untuk membantu Anda dalam produksi kain batik seragam dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp33.000 per meter. Dan yang lebih menarik lagi, kami menyediakan penawaran khusus untuk pemesanan partai besar yang bisa membuat harga menjadi lebih murah lagi. Jadi, jangan ragu segera klik tombol WA atau hubungi kami dan dapatkan penawaran harga terbaik untuk seragam batik motif custom Anda!

K-ind Batik’s Solo
WA: 0858-7733-1544
Produsen Batik Solo Motif Custom Terpercaya

One thought on “Membanggakan, Inilah Daerah Penghasil Kain Batik Terkenal di Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Chat WA
Cari batik custom? Chat sekarang!
Selamat datang di Produsen Seragam Batik Custom, ada yang bisa kami bantu?